-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Gebyar Hari Santri 2024 Pasaman Barat, Dimulai Rabu ini

Rabu, 16 Oktober 2024 | Rabu, Oktober 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-16T09:10:29Z
iklan

Ratusan santri se Pasaman Barat di Ponpes Subulussalam 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com -  Ratusan santri dari berbagai pondok pesantren (Ponpes) se Pasaman Barat, mulai Rabu (16/10) mengikuti gebyar hari santri tahun 2024 di komplek Ponpes Subulussalam Pasaman Barat, Jalur 3/2 Simpang Empat.


Gebyar hari santri yang dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, dihadiri Ketua FKPP (Forum Koordinasi Pimpinan Pondok Pesantren) Pasaman Barat, Buya Busmel, Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Suharjo, Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis), Sufrinas, para pimpinan Ponpes se Pasaman Barat.


Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, sampaikan, dalam bulan Oktober 2024, ada peristiwa penting dan harus dirasakan sejarahnya bagi setiap pengelola, pengasuh bersama para santri berbagai pondok pesantren, khususnya di Pasaman Barat.


Peristiwa penting dan bersejarah itu, ulasnya adalah, keluarnya aturan dari pemerintah pusat dan menyatakan tanggal 22 Oktober, seperti pada tahun ini, yang dilakukan secara nasional dan diperingati sebagai hari santri.


Selain itu, ingat Rali Tasman, keberadaan pondok pesantren dalam dunia pendidikan nasional, bukan lagi diakui sebagai lembaga pendidikan dengan prinsip tradisional, sehingga ketika alumni berbagai pondok pesantren ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat lebih tinggi, mereka harus ikut ujian persamaan dengan lembaga pendidikan lain di masa lalu.


Saat ini, tambah Rali Tasman, pondok pesantren telah sejajar dengan lembaga pendidikan lain, baik negeri maupun swasta.  Santrinya tidak lagi ikut ujian persamaan, tapi bisa sendiri. Hingga saat ini, alumni pondok pesantren sejajar dengan alumni' lembaga pendidikan negeri atau swasta lain.


Ketua FKPP Pasaman Barat, Busmel, mengakui, semarak hari santri tahun ini, memang berbeda dengan agenda serupa di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, berbagai kegiatan gebyar hari santri, dipusatkan di komplek Ponpes Subulussalam Pasaman Barat, Simpang Empat.


Di Pasaman Barat, ulas Busmel, terdapat 35 ponpes dan tersebar di setiap kecamatan se Pasaman Barat.  Jumlah santri yang sekolah ke Timur Tengah, dari Pasaman Barat, terbanyak di Sumatera Barat, sehingga bagi sebagian kalangan Pasaman Barat dijuluki sebagai kota santri.


Dari 35 ponpes di daerah ini,  terang Busmel, semuanya mengirim utusan, sesuai cabang dan golongan lomba yang diikuti. Di antara lomba dan pertandingan yang ditampilkan adalah Musyabaqoh Kiraatil Qutub (MKQ), Syarhil Qur'an, cabang futsal, badminton, dan lomba lainnya. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update