-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tim UNP dan Kyoto University Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana di Sasak

Rabu, 18 September 2024 | Rabu, September 18, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-18T10:05:57Z
iklan

Sosialisasi siaga kebersamaan di Sasak 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Tim UNP (Universitas Negeri Padang) bersama pihak Kyoto University Jepang, Rabu (19/9) memberikan bimbingan, sosialisasi dan gladi kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tanah longsor di SD Negeri 05 Sasak Ranah Pesisir, Pasaman Barat, 


Kunjungan rombongan dua kampus di SD Negeri 05 Sasak Ranah Pasisir, diikuti Kepala Pusat Kajian Bencana UNP, Prof. Rusnadi Rahmat, juga Ketua Pengabdian Masyarakat, Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, menjadi Nagari tangguh bencana gempa bumi, dan Dosen Kyoto university, Prof. Nunji Kiyono


Prof. Rusnardi, pada kesempatan itu menyampaikan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat, khususnya generasi penerus di Kecamatan Sasak Ranah Pasisir.


"Saya sangat senang sudah bisa datang ke indonesia dan sudah mengunjungi beberapa Sekolah Dasar untuk berbagi ilmu tentang kebencanaan baik itu gempa bumi maupun tanah longsor, saya cukup bangga karena saya lihat anak anak kita nampaknya semua  bersemangat pada kegiatan ini, setelah kegiatan kita ini selesai, kami pesankan kepada anak-anak agar bisa menceritakannya kepada orang tuanya dan keluarganya", katanya.


Selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat. Zulkarnain pada kesempatan ini menyampaikan.


"Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu dengan Bapak dan ibu dari UNP dan university kyoto dari Negara Jepang. Harapannya agar generasi penerus memperhatikan tentang penyelamatan diri dari musibah gempa. Sebab kita sudah pernah mengalaminya,


Kegiatan ini gunanya untuk pencegahan untuk penyelamatan jika terjadi bencana. Semoga generasi penerus, seperti di Sasak Ranah Pasisir, nantinya bisa memahami dalam penyelamatkan diri dan keluarganya untuk terhindar dari musibah ataupun bencana" Ungkapnya.


Kegiatan  ini adalah kegiatan yang kedua kalinya dilakukan pada hari ini, sebelumnya kegiatan yang sama sudah dilakukan di SD 04 Sasak. Kegiatan dilanjutkan sosialisasi penaggulangan bencana gempa dan tanah longsor oleh mahasiswa S3 dan S2 Kyoto University:


Jurusan: Civil Engineering 

1. Sawada Aoi

2. Masukawa Takayuki

3. Ueda Tomoya 

dan juga dari Mahasiswa Universitas Negeri Padang:

Departemen Teknik Sipil, Teknik Sipil 

1. Salsabila Tri Rahmi 

2. Fauzan Marjanis

3. M Darma Agung

4. Dezy Saputra.


Dengan senang hati dan penuh semangat semua murid SD 05 Sasak mengikuti kegiatan peragaan penaggulangan Kebencanaan gempa dan tanah longsor, dipandu mahasiswa dari Negara Jepang dan mahasiswa UNP.


peragaan yang dipraktekan adalah, jika terjadi gempa bumi anak anak dianjurkan berlindung dibawah meja, jangan berlari disaat gempa, setelah dirasa aman barulah dianjurkan untuk pergi keluar ruangan mencari tempat yang aman.

Kegiatan diakhiri dengan penjelasan dan peragaan penanggulangan tanah longsor. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update