-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Muhammadiyah Simpang Empat Selatan, Perayaan Maulid

Minggu, 22 September 2024 | Minggu, September 22, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-21T22:37:43Z
iklan

Adrian Muis Chatib Saripado, penceramah maulid 

 


Pasaman Barat, smartsumbar.com, - PR (Pimpinan Ranting) Muhammadiyah Simpang Empat Selatan, Kecamatan Pasaman, Pasaman Barat, Sabtu (21/9) malam gelar perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw di Masjid Al-Azhar Muhammadiyah Simpang Empat.


Sebagai pemateri pada kegiatan itu, Drs. Adrian Muis Chatib Saripado, dari Padang. Hadir pada kesempatan itu Ketua PD Muhammadiyah Pasaman Barat, diwakili Sekretaris, Abrar Lisman, Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah, Aisyiyah, dan pengurus Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah se Kecabangan Pasaman.


Adrian Muis Chatib Saripado, sampaikan, peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW, seperti dilaksanakan hari ini (Sabtu malam); idealnya bukan sekedar melaksanakan rutinitas dan dilaksanakan pada setiap tahun.


Umat Islam di dunia merayakan kegembiraan memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad, dirayakan setiap tanggal 12 Rabiul Awwal.


 kalender Hijriyah. Tahun ini, peringatan Maulid dilaksanakan hari Ahad,  15 September 2024, pada kalender Masehi, hari maulid Nabi jatuh pada hari Senin, 16 September 2024, dan tanggal 16 itu ditetapkan sebagai hari libur nasional.


Diuraikan Adrian Muis, bagi umat Muhammad SAW, sasaran yang diharapkan dari peringatan Maulid Nabi adalah mengikuti akhlak, sikap dan perbuatan yang dilakukan Nabi Muhammad, sebagai Rasulullah selama hidupnya.


Dalam dua kalimat syahadat, yaitu Asy hadu Alla Ilaha Illalloh, terjemah dari kalimat itu, Aku bersaksi bahwa Allah SWT adalah Tuhanku. Maksudnya, bahwa zat yang diimani, dipercaya dan diyakini sebagai Tuhan di atas alam semesta ini adalah Allah SWT.


Pada kalimat kedua dari dua kalimat syahadat itu adalah Wa Asy hadu Anna Muhammadar Rasulullah, terjemahan dari kalimat kedua ini adalah, aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul Allah (Rasulullah).


Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW saat ini, kata Adrian Muis, ada kesaksian atau perjanjian yang harus dilakukan setiap umat terhadap Rasulullah SAW, yaitu mencontoh sekaligus mengikuti akhlak, sikap dan perbuatan Rasulullah SAW.


Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW saat ini, Adrian Muis mengajak umat Islam menjadikan peringatan hari lahir Rasulullah SAW untuk meningkatkan kualitas iman, amal dan pengabdian kepada Allah SWT, dengan tetap meneladani Rasulullah SAW dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.


“Kami percaya ketika kaum muslimin menjadi umat berada di garda terdepan mewujudkan nilai-nilai kebaikan, keluhuran, kebenaran, keadilan, kesatuan dan keutamaan dalam kehidupan. Otomatis kita menjadi pengikut Nabi Muhammad, meniru dan meneladani uswah hasanah,” kata Adrian Muis.


Sekretaris Daerah Muhammadiyah Pasaman Barat, Abrar Lisman, sampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PR Muhammadiyah Simpang Empat Selatan, Sabtu malam sukses melaksanakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW..


“Kaum muslimin harus mengembangkan kecerdasan yang murni, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memanfaatkan segala potensi yang dianugerahkan Tuhan dalam memahami segala ciptaan-Nya, serta melahirkan peradaban yang utama bagi kehidupan", kata Abrar Lisman. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update