-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Sumbar PSU, Hamsuardi dan istri di TPS 003

Sabtu, 13 Juli 2024 | Sabtu, Juli 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-13T06:30:11Z
iklan

Bupati Hamsuardi dan istri saat di TPS 



Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Warga Sumatera Barat, seperti di Pasaman Barat hari ini, Sabtu (13/7), serentak melakukan pemilihan suara ulang (PSU) untuk calon anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI asal Sumatera Barat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekitar tempat tinggal mereka.


Di Kabupaten Pasaman Barat, kegiatan serupa berjalan lancar dan sukses. Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dengan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaannya Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Ny. Titi Hamsuardi, Sabtu pagi, menyalurkan hak pilihnya di TPS 003 Nagari (Desa) Lingkuang Aua Baru, Kecamatan Pasaman.


Di TPS 003 Lingkuang Aua Baru, tempat bupati bersama istri memilih, jumlah pemilih, sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) 155 orang. “Dari pukul 7.00 pihaknya sudah siap di TPS, dengan harapan pemilih berdatangan dan memilih calon anggota DPD RI yang mereka inginkan", kata Ketua KPPS, Rahmat Sheriko Syarief, Sabtu pagi.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat, Alfi Syahrin, secara terpisah menjelaskan, PSU untuk calon anggota DPD RI di Sumatera Barat secara serentak digelar hari ini (Sabtu- red) merupakan amanat dari Putusan Nomor 03-03/PHPU.DPD-XXII/2024 yang dibacakan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Suhartoyo, hari Senin, 10 Juni 2024.


Dalam amar putusannya MK, memerintahkan kepada KPU melakukan pemungutan suara ulang pemilihan umum calon anggota DPD 2024 secara serentak di setiap kabupaten dan kota se Sumatera Barat pada hari dan tanggal yang telah ditentukan, dengan mengikutsertakan Irman Gusman sebagai peserta, yang dipilih pada PSU dimaksud.


Pada pemilihan umum, 14 Februari 2024 lalu,

KPU telah menetapkan empat Anggota DPD RI terpilih daerah pemilihan Sumatera Barat. Namun karena dilaksanakan PSU hari ini (Sabtu- red) secara otomatis hasil pemilihan, 14 Februari lalu dinyatakan batal.


Bupati, Hamsuardi, usai menyalurkan hak pilihnya di TPS 003 Lingkuang Aua, menyampaikan, pemilihan anggota DPD RI ini sangatlah penting untuk daerah Sumatera Barat dengan 19 wilayah kabupaten/kota di dalamnya, dan salah satu daerahnya Kabupaten Pasaman Barat.


“Kami mengajak kepada masyarakat mari untuk bersama-sama datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya, karena pemilihan DPD ini sangatlah penting bagi pembangunan daerah. Pihaknya optimis setiap warga Pasaman Barat yang berhak memilih akan hadir sekaligus menyalurkan hak pilihnya di TPS bersangkutan.


“Sebentar lagi pihaknya bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) akan melakukan pemantauan ke beberapa TPS di setiap kecamatan. Hal ini dalam rangka memantau partisipasi masyarakat melakukan pemilihan suara di TPS yang bersangkutan", kata Hamsuardi. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update