-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Lebih Dua Miliar untuk Kokohkan Tebing Sungai Batang Saman

Minggu, 07 Juli 2024 | Minggu, Juli 07, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-07T07:10:51Z
iklan

Inilah Proyek Pengaman Dinding Sungai Batang Saman, Kecamatan Pasaman 





Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Dinas Sumber Daya Air dan Bina Kontruksi (SDA dan BK) Sumatera Barat, alokasikan Rp.2 Milyar lebih, untuk pengokohan tebing sungai Batang Saman di Nagari Air Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.


"Pekerjaan pengamanan dinding sungai Batang Saman, harus dilakukan secara maksimal. Seiring hal itu, Pemda Sumatera Barat, melalui Dinas SDA dan BK Sumatera Barat, telah mengalokasikan anggaran Rp. 2.402.036.100", kata Kepala Dinas SDA dan BK Sumatera Barat, melalui Sekretaris, Ahdiarsyah, Sabtu (6/7).


Proses kegiatan, katanya,  telah dimulai, mulai dari persiapan, pengadaan bahan material maupun menghadirkan alat berat sebagai peralatan untuk pengaman tebing sungai. Ukuran batu dan bahan material lain, tentu sesuai spek teknis yang ada di lingkungan SDA dan BK provinsi.


Secara teknis, ulasnya, pekerjaan pengaman dinding sungai Batang Saman, dimulai semenjak 22 Mei 2024 lalu. Pihak pelaksana proyek adalah CV Bintang Lintas Indonesia, dengan panjang pekerjaan 500 meter, sesuai kontrak kerja yang telah disepakati kedua pihak.


Kepada pihak CV Bintang Lintas Indonesia, selalu rekanan, agar bekerja lebih maksimal dan tepat waktu. Sehingga proyek ini berlanjut, dengan tidak ada kendala. Kepada masyarakat sekitar, agar mendukung kegiatan ini, demi kesuksesan pembangunan ke depan.


Ahmad Osen, salah seorang warga setempat, menjelaskan, di lokasi pembuatan pengaman dinding sungai, memang sangat memprihatinkan. Jika hujan lebat terjadi, malah berhari-hari, banjir selalu terjadi.


Akibatnya beberapa unit bangunan rumah warga rusak, malah ada yang sebagian, seperti bagian dapur dari rumah warga dimaksud ambruk, dan hanyut dibawa arus sungai. Sementara warga bersangkutan harus mengungsi ke rumah tetangga.


Alhamdulillah, katanya, tahun ini, pemerintah provinsi, melalui Dinas SDA dan BK Sumatera Barat, peduli dengan nasip warga Batang Saman, yang kondisi rumah mereka sangat memprihatinkan, terutama jika musim hujan.


“Kita berharap kepada pemerintah, termasuk tingkat provinsi dan kabupaten Pasaman Barat, agar terus peduli dengan nasip warga Batang Saman, Nagari Air Gadang, Kecamatan Pasaman, sehingga jika musim hujan terjadi, rasa was-was warga setempat terus berkurang", harap Ahmad Osen. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update