-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Penyuluh Agama se Pasaman Barat Ikut Pembinaan

Jumat, 21 Juni 2024 | Jumat, Juni 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-21T08:05:23Z
iklan

 

Pembinaan Penyuluh Agama 
PAI se Pasaman Barat, Ikuti Pembinaan




Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Masalah sosial, agama, dan moral sering jadi perbincangan di masyarakat. Untuk menangani isu kompleks ini, maka PAI (Penyuluh Agama Islam) berperan penting, seperti memberi nasihat, pedoman, dan pemahaman tentang ajaran agama yang relevan dengan isu-isu yang dihadapi oleh masyarakat. 

Penyuluh agama adalah individu yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ajaran agama tertentu dan bertugas untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dalam upaya untuk membantu masyarakat menghadapi dan menyelesaikan berbagai masalah sosial danan moral. 

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Rali Tasman, saat membuka pembinaan PAI Pegawai Negeri Sipil (PNS), PAI yang tergabung dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan PAI Non PNS di Aula Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Simpang Empat, Jumat (21/6).

Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) penyuluh agama ini sangat berkaitan dalam menangani isu-isu saat ini di tengah masyarakat.
Salah satu tugas pokok dari penyuluh agama adalah memberikan pembinaan spiritual dan moral kepada anggota masyarakat. Mereka memberikan pengajaran tentang nilai-nilai agama yang mencakup etika, moralitas, dan kualitas hidup yang baik. 

Di tengah isu-isu, seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, dan pernikahan usia muda, penyuluh agama dapat menjadi sumber inspirasi dan bimbingan bagi masyarakat agar menjalani kehidupan yang lebih baik sesuai dengan ajaran agama mereka. Selain itu, penyuluh agama juga bertanggung jawab untuk melakukan pendekatan interkultural dan antaragama. 

Dalam globalisasi saat ini, ulasnya, masyarakat sering kali terlibat dalam konflik dan ketegangan antar agama dan budaya. Penyuluh agama dapat berperan sebagai penghubung dalam membangun keharmonisan dan toleransi antar umat beragama. 

Seiring dengan hal itu, kata Rali Tasman, maka tugas pokok dan fungsi penyuluh agama juga meliputi pelaksanaan kegiatan dakwah dan pengajaran agama. Di tengah arus informasi yang tak terbatas, masyarakat seringkali bingung dalam memahami ajaran agama yang benar. 

Penyuluh agama memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan ajaran agama dengan cara yang mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Mereka dapat menggunakan media teknologi modern untuk mencapai jangkauan yang lebih luas, seperti radikalisme, intoleran, dan ekstremisme juga menjadi perhatian serius dalam masyarakat saat ini.

Pembina PAI PNS, PAI PPPK, dan PAI Non PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, yang dipandu Kasi Bimas (Bimbingan Masyarakat) Islam, Ronaldi, dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, diwakili Kabid Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penais Zawa), Yusrizal. (gmz)
iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update