-->

Notification

×

Iklan

Iklan

74 Santri Darul Yamani Sasak, Diwisuda

Senin, 03 Juni 2024 | Senin, Juni 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-03T14:45:58Z
iklan

Risnawanto, Hadiri Wisuda Santri Ponpes Darul Yamani 



Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, diwakili Penyelenggara Zakat Wakaf, Asriwan, Senin (3/6) menghadiri prosesi wisuda santri Ponpes Arabi Darul Yamani Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisir.


Wsuda Tahfiz angkatan ke-10 santri Ponpes Darul Yamani, Tahun Ajaran 2023/2024 diikuti 74 santri, dilaksanakan di lembaga pendidikan khas keagamaan itu, Jorong Pisang Hutan, Nagari Padang Harapan, Kecamatan Sasak Tanah Pasisir.


Pimpinan Ponpes Darul Yamani, Siril Masri, pada kesempatan itu menyampaikan, dari sejumlah santri yang diwisuda secara beriringan itu, 34 orang di antaranya diwisuda sekaligus pelepasan mereka dari lembaga pendidikan khas keagamaan di Sasak ini. 40 santri lainnya mengikuti wisuda Tahfiz Qur'an.


Alhamdulillah, ulasnya, di tahun akademik 2024-2025 ini, empat santri dari ponpesnya diterima sebagai mahasiswa di Universitas Islam sekaligus sebagai duta Ponpes Darul Yamani di Negara Yaman, yang akan menjadi kader ulama Pasaman Barat, dan sebagai pencerah umat di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Pasaman Barat.


Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, pada kesempatan itu menyampaikan,  sebagai sarana pembentukan generasi penerus yang agamais, cerdas serta trampil, sesuai bidang dan keahlian yang dimiliki maka keberadaan Ponpes Darul Yamani di Pasaman Barat, bukan sebatas penambah data (keberadaan) lembaga pendidikan khas agama dan keagamaan.


Ponpes Darul Yamani di Pisang Hutan, Nagari Padang Harapan, Sasak Ranah Pasisir, Pasaman Barat adalah aset daerah yang harus dijaga, dibina dan dipelihara. Ponpes yang dipimpin ahli juga penghafal ribuan hadits, memiliki koneksi atau jaringan tersendiri ke Negara Yaman. Menurut informasi yang diterima, hingga saat ini, puluhan alumninya sedang menekuni pendidikannya di Yaman, malah untuk tahun akademik 2024-2025 ini, empat santrinya dinyatakan lulus dan diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi ternama di Negara Yaman.


"Hadirnya pesantren di Pasaman Barat, dengan segala keunggulannya, telah mampu mencetak generasi calon pemimpin bangsa yang berkualitas. Kami atas nama Pemda Pasbar mengucapkan terima kasih kepada pondok pesantren di Kabupaten Pasaman Barat yang telah berperan aktif dalam melahirkan generasi yang berkualitas," ujar Wabup Risnawanto.


Penyelenggara Zakat Wakaf Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Asriwan, menyampaikan, lulusan berkualitas dari Ponpes Darul Yamani Sasak akan mampu bersaing di masa depan dengan sumber daya manusia dari daerah lainnya. Hal ini terbukti dengan kemampuan Pondok Pesantren Darul Yamani untuk bersaing dengan sekolah lainnya, serta banyak lulusan pesantren ini yang melanjutkan studi di luar negeri.


"Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta bimbingan ustadz dan ustadzah di pondok pesantren. Setelah 6 tahun menimba ilmu di sini, sudah saatnya bagi mereka untuk menambah ilmu di jenjang yang lebih tinggi," tambah Asriwan, yang mewakili kepala kantor itu. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update