-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Warga MAN 1 Pasaman Barat, Laksanakan P5P2RA di Madrasahnya

Minggu, 19 Mei 2024 | Minggu, Mei 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-19T08:53:31Z
iklan

Salah satu bentuk P5P2RA di MAN 1 Pasaman Barat 



Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Warga MAN (Madrasah Aliyah Negeri) dan 1 Pasaman Barat, Sabtu (19/5) menggelar kegiatan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) di madrasah itu, Air Bangis, Sungai Beremas.


Kepala MAN 1 Pasaman Barat, Feri Jufri, melalui akun WhatsApp (WA)-nya menjalankan, kegiatan P5P2RA di lingkungan MAN 1 Pasaman Barat, bukan saja melaksanakan proyek (P5P2RA) sebagai tindak lanjut dari penerapan kurikulum merdeka.


Kegiatan P5P2RA di MAN 1 Pasaman Barat, ulasnya, juga sebagai sarana pendewasaan bagi warga madrasah, terutama bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan praktek karya usaha yang dilakukan, apakah tidak lanjut dari program pendidikan atau penerapan karya muatan lokal.


Pameran karya P5P2RA bagi warga MAN 1 Pasaman Barat hari ini (Sabtu-red) melalui kegiatan dengan tema "Nilai Kearifan Lokal masyarakat Air Bangis" mencakup Nilai lokal, keterampilan Lokal, dan pengetahuan lokal dengan menampilkan makanan khas alek Nagari Air Bangis dan kesenian tradisional.


Revina Dewi Yanti dan Fatimah Hanim, pendidik di MAN 1 Pasaman Barat itu, menyampaikan, ajang kreativitas bagi warga madrasah, terutama bagi peserta didik, selain sebagai tuntutan proses pembelajaran, kegiatan ini secara otomatis juga memberikan masukan kepada hasil kuliner dan keterampilan bagi siswa.


Bagi peserta didik yang memilih subjek warisan budaya, mereka akan ditugaskan untuk pergi ke salah satu museum yang memiliki nilai budaya yang mana nantinya bisa dipertanggungjawabkan hasil observasinya dalam bentuk laporan hasil penelitian. Ketika mereka sudah selesai berkunjung ke museum yang ditentukan. Serta menyiapkan. Begitu juga dengan kegiatan atau unit usaha yang lain.


Banyak kerajinan tradisional yang ada dan berkembang di tengah masyarakat Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas. Selain berada di kawasan pesisir pantai barat Sumatera, Air Bangis juga memiliki tarian tradisional, seperti tari pilin salapan.


Khusus keterampilan, tambah Revina Dewi Yanti dan Fatimah Hanim, Nagari Air Bangis dikenal dengan kain sulaman emas, olahan ikan dari berbagai jenis ikan, dan sebagainya. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update