-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Enam Hari di Madinah, Pembimbing Ibadah, Berikan Pencerahan

Senin, 27 Mei 2024 | Senin, Mei 27, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-26T20:26:16Z
iklan

Praktek Memakai Pakaian Ihram 




Pasaman Barat, smartsumbar.com, - Tanpa begitu terasa, hingga  Ahad,  26 Mei 2024, telah enam hari jemaah calon haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) VIII Mess Padang berada di Madinah. Pada kesempatan itu, petugas pembimbing ibadah memberikan pencerahan.

Jemaah Kloter VIII Mess Padang berjumlah 393 orang, 331 di antaranya warga Pasaman Barat, 54 jemaah Kota Padang, dan 8 orang lainnya sebagai petugas haji. Dari sejumlah petugas haji, 5 di antaranya petugas Kloter, dan 3 petugas haji daerah.

Pembimbing ibadah Kloter VIII Mess Padang, Sufrinas, dihadapan Calhaj di 
Guest Hotel Madinah, selanjutnya disampaikan melalui akun WhatsApp Grup (WAG), Ahmad, menyampaikan, bimbingan manasik haji saat ini (Ahad- red), diikuti 385 jemaah, dan jumlah ini selain petugas haji.

Dijelaskan Sufrinas, dalam rangka efisiensi dan menambah keseriusan jemaah menerima materi. Manasik haji ini dilaksanakan dalam dua sesi, yaitu pukul 7.30 sampai 9.00 Waktu Arab Saudi (WAS) untuk laki-laki, dan pukul 13.30 - 15.00 WAS untuk kelompok perempuan.

Manasik kelompok laki-laki dibimbing cara melafazkan niat umrah dan haji, cara memasang pakaian ihram, dan teknis-teknis lainnya. "Ihram, salah satu rukun haji dan umrah, begitu juga dengan amalan wajib lai, dan tidak dapat diganti dengan yang lain.

Jema'ah, katanya, perlu memahami apa dan bagaimana cara memakai pakaian ihram  dengan baik dan benar. Memakai pakaian ihram bermakna, jika dikenakan dengan aturan dan ketentuannya. Bagi laki-laki, dua helai kain yang tidak berjahit.

Bagi jema'ah perempuan, ulas Sufrinas, disampaikan materi tentang pelaksanan ibadah haji dan umrah, mulai dari tempat miqat bersama lafaz niat, ketentuan atau cara melakukan, dan rangkaian ibadah yang akan ditunaikan.

Ketua Kloter VIII Mess Padang, Ikrar Abdi pada kesempatan itu, menyampaikan, tentang teknis keberangkatan jemaah dari Kota Madinah menuju Mekah pada Rabu, 29 Mei 2024, seperti mengemasi barang bawaan, pengumpulan koper besar, minimal empat jam sebelum keberangkatan, dan jemaah sudah di lobi hotel dua jam sebelum berangkat. (gmz)
iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update