-->

Notification

×

Iklan

Iklan

177 Siswa SD IT Cahaya Makkah Pasaman Barat, Diwisuda

Selasa, 28 Mei 2024 | Selasa, Mei 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-28T10:00:33Z
iklan

Siswa SD IT Cahaya Makkah Pasaman Barat, Diwisuda 




Pasaman Barat, smartsumbar.com, - 177 siswa SD Islam Terpadu (IT) Cahaya Makkah Pasaman Barat, Selasa (28/5) diwisuda di Balaerong Pusako Anak Nagari Pasaman Barat, belakang rumah dinas sekaligus komplek kantor bupati, Simpang Empat.


Prosesi wisuda yang dirangkai dengan acara pelepasan siswa kelas VI lembaga pendidikan itu, dihadiri Bupati setempat, diwakili Kepala Dinas Sosial, Randy Hendrawan Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diwakili Plt, Kasubbag Tata Usaha, Suharjo, yang mewakili Kapolres, kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), dan undangan.


Kepala Dinas Sosial, Randy Hendrawan, yang mewakili bupati pada kesempatan itu menyampaikan, program Tahfiz Qur'an disertai dengan kegiatan wisuda, seperti hari ini (Selasa- red) merupakan agenda strategis membentuk sikap, kepribadian dan akhlak generasi penerus, khususnya di Pasaman Barat.


Pemerintah daerah, melalui Dinas Pendidikan juga menerapkan program keagamaan di tengah masyarakat, seperti program Tahfiz Qur'an, kewajiban bagi peserta didik menghafal ayat-ayat Al-Qur'an di setiap satuan pendidikan dan jadi kewenangan bagi pemerintah daerah, yaitu mulai tingkat SD hingga SMP.


Di tengah masyarakat, ulas Randy, mengutip penjelasan Bupati, Hamsuardi, dalam berbagai kesempatan, dilestarikan program wajib membaca ayat-ayat Al-Qur'an di rumah masing-masing warga, sehingga pada tahun 2036 depan, 30 persen warga Pasaman Barat dinyatakan hafidz Qur'an.


Pembina Yayasan  Cahaya Makkah Pasaman Barat, Darmansyah, didampingi Kepala SD IT Cahaya Makkah, Satria, pada kesempatan yang sama menyampaikan, siswa kelas VI yang mengikuti perpisahan tahun ajaran 2023-2024 ini sebanyak 96 orang, dibagi dalam tiga kelas.


Karena lembaga pendidikan yang dikelola Yayasan Cahaya Makkah Pasaman Barat memakai proses pembelajaran boarding school, kata Suharjo, proses belajar dan pembelajaran (PBM) di lembaga pendidikan ini dilaksanakan selama lima hari, yaitu Senin sampai Jumat. Hari Sabtu dan Minggu, proses pembelajaran di sekolah ini, tidak dilaksanakan.


Sesuai komitmen antara pihak Yayasan, pengelola dan warga pendidikan SD Islam Terpadu Cahaya Makkah Pasaman Barat, pada setiap kelasnya terdapat tiga rombongan belajar. Dengan demikian, jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran di SD Islam Terpadu Pasaman Barat terdapat tiga lokal pada setiap kelasnya. (gmz)

iklan

klan ukuran 250px x 250px

×
Berita Terbaru Update